Memahami SEO dan Mekanismenya Pada Mesin Pencari Google

Apa itu SEO?

Seo adalah singkatan dari Search Engine Optimization (SEO) Optimasi Mesin Pencari. Secara praktis SEO adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) / indeks pencarian sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami / organik (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari. Sumber: Wikipedia (terjemahan dari bahasa Inggris)

SEO Pada Google Search

Apa itu Google? Google Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika yang lebih spesifik pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut antara lain:
  • teknologi pencarian
  • komputasi web
  • perangkat lunak
  • dan periklanan daring. Sebagian besar labanya berasal dari AdWords.

Adwords adalah salah satu produk Google yang berbasis pada layanan periklanan. Jika anda ingin Website anda berada di urutan teratas mesin pencari Google, anda harus mendaftarkan website anda dan membayar kepada pihak Google. Kegiatan Ini adalah hasil pencarian non organik.

Lihat Gambar di bawah:


SEO Google Search
SEO Google Search



Cara Meningkatkan SEO (upaya yang dilakukan)


SEO tidak terbentuk begitu saja, banyak sekali strategi SEO yang dapat mempengaruhi keterlihatan sebuah website pada Google Search atau mesin pencari lain. Dua hal PENTING yang harus dilakukan oleh seorang internet marketer, yaitu: SEO On Page dan SEO Off Page.

1. Apa Itu SEO On Page


SEO On Page adalah sebuah upaya optimasi website dari laman website itu sendiri. Dengan kata lain, upaya optimasi yang dikerjakan oleh seorang pemilik website/ webmaster dengan cara mendesain website / blog yang SEO Friendly. Beberapa elemen penting yang terdapat dalam SEO On Page antara lain:
  1. Riset keywords: untuk menemukan kata kunci utama dan kata kunci pendukung yang paling relevan dengan niche website yang akan dibuat.
  2. Membangun website dengan struktur yang baik: tampilannya menarik, dan load-nya cepat
  3. Menambahkan description yang relevan dengan website
  4. Menambahkan keywords pada penamaan gambar/ image
  5. Menggunakan Heading dengan baik (H1, H2, H3, H4)
  6. Mengatur URL (permalinks) yang SEO Friendly
  7. Menggunakan Title Tag yang baik untuk homepage dan judul konten
  8. Mengatur navigasi website sebaik mungkin
  9. Membangun konten yang bermanfaat bagi audiens
  10. Membangun internal links
  11. Dan lain-lain...

Blog / Website sangat dipengaruhi oleh isi konten dan kebermanfaatan sebuah artikel
Baca: Apa Saja Syarat dan Ketentuan Konten Blog?

2. Apa Itu SEO Off Page

SEO Off Page adalah upaya optimasi website adri luar website itu sendiri. Sebuah halaman website atu blog yang SEO On Page nya sudah bagus, pemilik website perlu juga memperhatikan SEO Off Page. Optimasi off page dapat dilakukan dengan cara membangun links (backlinks) dari situs lain menuju website yang dioptimasi atau yang dituju. Beberapa jenis links yang biasa dibangun untuk menaikan popularitas sebuah website di internet diantaranya adalah:
  1. Membagikan Links ke media sosial (Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain)
  2. Membagikan Links di berbagai forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dan lain-lain)
  3. Links dari web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, dan lain-lain)
  4. membagikan Links dengan melakukan blogwalking (berkomentar di blog orang lain)
  5. Links dari website yang menerima guest blogger
  6. Links dari situs social bookmark (Lintas.me, Diigo.com, Folkd.com, dan lain-lain)
  7. Dan lain-lain..

Fungsi dan Manfaat SEO

Banyak sekali manfaat SEO dalam lalulintas di dalam dunia maya, dengan kekuatan SEO yang baik, tentusaja akan menunjang kegiatan website secara maksimal. berikut beberapa manfaat SEO:

1. Meningkatkan Trafik Pengunjung Website

Trafik dari mesin pencari adalah trafik alami, berbeda dengan sumber trafik lain. Tidak semua sumber trafik memberikan benefit bagi kelangsungan bisnis Anda di dunia maya, apalagi jika trafik tersebut berasal dari website auto surf yang memberikan visitor/pengunjung bot ke website Anda. Trafik seperti ini sama sekali tidak ada gunanya bagi perkembangan bisnis Anda.

2. Jangkauan Trafik Potensial

website yang teroptimasi dengan baik / SEOnya bagus akan mendapatkan peringkat baik juga pada mesin pencari, misalnya Google Search. Semakin baik posisi halaman website di Google Search maka peluang untuk mendapatkan pengunjung (trafik) potensial semakin besar pula.

3. Meningkatkan Popularitas Brand

Dalam duni Bisnis, Semakin terkenal sebuah merek pada niche tertentu maka kemungkinan intensitas penjualan juga akan semakin besar. kepercayaan customer pun akan meningkat.

Demikian Informasi mengenai SEO Semoga bermanfaat.

 

Post a Comment

0 Comments
* Mohon Jangan Spam Disini. Semua Komentar ditinjau oleh Admin